PERAN PENTING BATU BALAS
Sahabat Railfans.
Tau Gak Sih... Fungsi dari Batu Balas yang ditaburkan disepanjang
rel kereta api itu apa? Ternyata banyak sekali manfaatnya untuk menahan serta
menjaga kestabilan rel kereta api. Batu-batu
yang tersebar di sepanjang rel kereta api ternyata bukan sembarang batu. Batu
ini disebut Batu Balas yang memiliki banyak fungsi dalam perjalanan kereta api.
Batu-batu ini berfungsi meredam getaran rel saat rangkaian kereta api melintas.
Batu Balas ini menahan Beban Gandar (Axle Load) ketika kereta api melintas.
Sehingga rel kereta api tidak mudah amblas dan perjalanan kereta api pun stabil
dan aman. Konstruksi yang berawal sejak adanya jalur kereta api memang batu
balas memiliki peran penting. Selain meredam atau menahan getaran jalur kereta
api, peran penting batu balas ini juga untuk “mengunci” tiap-tiap bantalan rel
kereta api supaya tidak bergeser ataupun berubah posisinya.
Lapisan balas ini juga menjaga track rel agar tetap berada ditempatnya.
Selain itu sebagai lapisan yang mudah direlokasi untuk menyesuaikan dan
meratakan kepingan rel, memperlancar proses drainase air hujan sekaligus
mencegah tumbuhnya rumput yang dapat mengganggu drainase air hujan.
Balas yang ditabur adalah jenis
batu kricak yaitu bebatuan yang dihancurkan menjadi ukuran kecil dengan
diameter 28 – 50 mm dengan sudut yang tajam. Batu-batu yang dipilih adalah yang
sudutnya tajam agar mencegah timbulnya rongga-rongga dalam taburan balas.
Ketebalan lapisan ini minimal adalah 150 mm hingga 500 mm. Memang ada
posisi-posisi tertentu yang tidak perlu batu krikil. Seeperti rel kereta api
yang berada diatas jembatan ataupun jalan raya. Hal ini terjadi karena semua
fungsi dari batu krikil tadi sudah diambil alih fungsinya oleh mekanisme lain.
Jembatan sudah dirancang khusus
sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang dihasilkan ketika kereta api
melintas. Demikian pula dengan rel kereta api yang terdapat pada jalan raya.
Jalan aspal menggantikan peranan batu kerikil dengan baik, sehingga pada
tempat-tempat tersebut tidak diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan
dibawah rel kereta api.
Nah... Gimana Sahabat Railfans.
Batu balas bener-bener penting sekali untuk perjalanan kereta api, bukan?
Karena bisa menahan rel kereta api dari insiden longsor, amblas ataupun rel
yang bergeser. Siapa yang menyangka, batu-batu berukuran diameter kecil ini
mampu menahan dan memiliki kestabilan getaran rel ketika kereta api melintas
pada kondisi cuaca apapun.
Sendy Prasetya (MASEN)
Sholeh BD. Oya, ms sendy, untuk penampungan batu balast tiap2 daop ad.yg sy tau buat d daop 2 ad d st padalarang, terus untuk daop lainnya depo batu balasnya dmn? Maaf klo Tau!
ReplyDelete