SELAMAT DATANG

Total Pageviews

Kereta tercepat di Perancis merayakan hari jadinya

             Kamis (7/4) 2011 lalu Perancis telah merayakan hari jadi yang ke 30 tahun yakni kereta super cepat, TGV. Dalam 3 dekade ini, TGV telah melakukan keistimewaan dalam bertransportasi dengan cepat serta memberikan pelayanan lebih terhadap lebih dari 1,7 miliar penumpang setia penggunanya di jalur kereta yang membentang sejauh 1.900 kilometer. Dahulu, TGV telah memecahkan rekor dengan rute yang ditempuhnya pertama kali pada September 1981 dari Paris menuju Lyon hanya memakan waktu 2 jam saja. Yang lebih hebatnya, TGV sempat diberikan energi listrik oleh stasiun-stasiun nuklir Perancis, karena pada saat itu krisis minyak sedang melanda dinegaranya.


            Kereta peluru yang berkembang pesat ini membuat TGV dijadikan transportasi perjalanan yang sangat terjangkau dan praktis bagi setiap warga negara Perancis. Di tahun mendatang, kota-kota besar di Perancis berencana akan membuat jalur kereta yang dilewati oleh TGV, agar waktu perjalanan semakin mudah dan cepat. Guillaume Pepy, Presiden dari perjalanan SNCF mengatakan bahwa perusahaan SNCF Perancis membuat pasar di Eropa naik hingga 50% dengan adanya kereta berkecepatan tinggi ini. “Ambisi kami adalah juga untuk menjaga kerjasama kami dengan pihak perusahaan Alstom, sehingga TGV di Perancis tetap menjadi idola pertama di peringkat dunia,” katanyanya.


            Perancis pun cukup berani bersaing dan menaklukkan kepada negara-negara maju lainnya dibidang perkeretaapian seperti; Jepang, Jerman dan Cina yang juga menghubungkan jalur antar negara dengan harga yang lebih kompetitif. TGV juga akan berencana akan melakukan perbaikan dan renovasi dibagian ruang kokpit sehingga mereka (masinis) yang mengendalikan bisa digunakan lebih efisien dan mudah dibidangnya.
            Kemeriahan TGV saat merayakan ulang tahun yang ke 30 ini, mendapat penghormatan besar termasuk dari warganya itu sendiri.  Sebanyak 16 kota di Perancis menyambut kereta ini dengan berbagai macam kegiatan yang disambut di masing-masing kota. TGV yang sangat akrab di telinga masyarakat dunia dengan desain body yang aerodinamis, saat ini melakukan perubahan dibagian interior kereta. Dengan suasana seperti di hotel bintang 5, membuat kereta ini semakin megah dan mewah saja.


            Direktur SNCF, Barbara Dailbard mengatakan bahwa tantangan utama dari pihak SNCF adalah untuk mengembangkan hubungan internasional. Kemudian nantinya akan dibangun pula jalur Paris hingga ke Jenewa hanya dengan waktu 3 jam serta selanjutnya menghubungkan jalur Paris ke Barcelona sekitar 5 jam agar lebih dekat jarak menuju Jerman dan London.


            Jepang mempelopori kereta peluru, Cina memiliki jaringan KA terpanjang, tapi untuk Perancis membanggakan rekor dunia untuk transportasi berkecepatan tinggi yang dipegang oleh TGV Alstom dengan kecepatan 574 kilometer perjam pada saat ujicoba. “Ini merupakan masa depan yang sangat menjanjikan bagi perusahaan kami,” ujar Barbara.


Sumber dan foto:
http://www.30anstgv.sncf.com

1 comment:

SEMUA FOTO-FOTO KERETA API, BISA DILIHAT DI WEBSITE FLICKR BERIKUT INI

Kedatangan Argo Bromo Anggrek Go Green Gemparkan RAILFANS Jawa dan Sumatera

Selasa (19/07) 2011 mulai pukul 9 pagi, saya membuka Internet situs Jaringan Sosial atau akrab dikenal dengan Facebook. Seluruh Facebook yang menamakan dirinya Railfans, memberi informasi tentang keberadaan Kereta Api yang selesai di perbaiki dari Industru Kereta Api (INKA) Madiun. Mereka satu sama lain memberikan informasi melalui statusnya masing-masing hanya untuk memberitahukan keberadaan atau posisi dari Kereta Api tersebut. Kereta api yang mereka maksud ialah Kereta Api Eksekutif Argo Bromo Anggrek "Go Green". Kata "Go Green" yang saya petik dari situs resmi PT. KAI melambangkan bahwa moda transportasi kereta api adalah moda yang ramah lingkungan. Serta memiliki keunggulan dalam irit menggunakan bahan bakas migas (BBM). Dari perlambangan ini juga, menunjukkan bukti sebuah komitmen dari PT. KAI yang akan terus berusaha menjaga kelestarian lingkungan alam demi kebaikan bersama.
Sore nanti para pecinta kereta api khususnya yang berdomisili di Jabodetabek siap menyambut kedatangan KA yang terkenal baru dan keren ini dengan cara mengabadikan lewat foto-foto mereka. Tak tanggung-tanggung ada beberapa Railfans yang masih berstatus pelajar, sepulang sekolah tidak langsung pulang kerumah melainkan pergi ke Stasiun Manggarai, Gambir, Jatinegara bahkan Bekasi hanya untuk mendapatkan moment si Ular Besi bertubuh hijau ini melintas.

KA Argo Bromo Anggrek Go Green ini rencana akan digunakan untuk mengganti rangkaian Argo Bromo Anggrek tipe lama agar keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh masyarakat pengguna setia kereta api lintas Jakarta (Gambir) hingga ke Surabaya, pp.