SELAMAT DATANG

Total Pageviews

SELAMAT DATANG Argo Bromo Anggrek "GO GREEN" di Daop 1 Jakarta

      Selasa (19/7) 2011 tepat pukul 16.30 WIB adalah saat-saat yang menentukan bagi para Railfans untuk melihat dan mengabadikan moment yang mungkin dilihatnya pertama kali. Ya, dengan datangnya Kereta Api Argo Bromo Anggrek "Go Green" memasuki kawasan Daop 1 Jakarta membuat gempar para Railfans Indonesia (Jabodetabek). Tak tanggung-tanggung, mereka yang berdatangan baik dari Bekasi, Jakarta Kota, Tangerang, Serpong dan Bogor ini rela dari siang hanya untuk menunggu datangnya si Go Green ini. Tak heran, informasi mereka sangat Up to date. Wajar saja banyak rekan-rekan yang saling menginformasikan keberadaan KA tersebut melalui telepon, SMS (Short Message Service) bahkan Facebook. Tak ayal, mereka langsung menyerbu kawasan Manggarai dan menunggu dengan setia KA favorit mereka.

Berkumpul dengan sesama Railfans sembari menunggu kedatangan KA Argo Bromo Anggrek "Go Green"


       Pukul 17.10 WIB, antusiasme terlihat di depan mata mereka, ketika KA bertubuh garis hijau dan mempunyai logo daun bertuliskan Go Green ini memasuki jalur 1 Stasiun Manggarai. Ini membuat mereka harus mengeluarkan kamera, memotret hingga menghabiskan memori kartu kameranya hanya dengan memotret si Ular Hijau. Suara deru lokomotif membawa 10 unit kereta berbadan lebar dengan bogie tipe K9 ini menggesek rel baja dengan kencangnya mengarah ke Stasiun Gambir. Tak hanya itu, ketika meliuk memasuki Stasiun Manggarai, sang lokomotif pun membalas dengan suara seruling yang melengking (Semboyan 35). Entah karena awalnya Railfans menyambut dengan melambaikan tangan atau di area stasiun Manggarai banyak penumpang yang menyebrang jalur 3 Stasiun Manggarai. Namun, Railfans tak peduli akan hal itu. Mereka sudah sangat puas mengabadikan moment KA Argo Bromo Anggrek "Go Green" melintas di Daop 1 Jakarta.

KA Argo Bromo Anggrek Go Green dari Surabaya menuju Gambir

          Senja pun menjelang, namun segerombolan Railfans tak mau berhenti begitu saja. Mereka pun tahu bahwa KA yang mereka idamkan akan kembali ke Stasiun Manggarai dari arah Gambir. Dengan setianya mereka pun tetap menunggu hingga datangnya KA tersebut. Padahal hari sudah mulai gelap. Pukul 18.05 KA yang mereka tunggu pun datang dari arah Gambir masuk ke Stasiun Manggarai. Jalur 7 adalah dimana jalur KA Argo Bromo Anggrek Go Green melintas.

KA Argo Bromo Anggrek Go Green memasuki stasiun Manggarai

          Ketika memasuki jalur 7 Stasiun Manggarai untuk dipindahkan ke jalur simpan (Jalur 8), beberapa Railfans mencoba untuk memasuki interior KA Argo Bromo Anggrek Go Green, untuk merasakan bagaimana suasana baru interior KA Argo Bromo Anggrek Go Green tersebut.

 Foto bersama didalam interior KA Argo Bromo Anggrek "Go Green"
(Kiri ke kanan: Farhan, Armi Farhana, Adam Faridl, Dimas Faiz Wardhana, Inoue Yukihiko (Japanese Railfan))


Interior KA Argo Bromo Anggrek "Go Green"
           
       Ada kabar bahwa KA tersebut akan kembali ke Surabaya (20/7) berangkat pada pagi hari dari Jakarta (Gambir). Memang KA ini sementara hanya untuk uji coba lintasan, setelah selesai uji coba rencana KA ini akan digunakan untuk angkutan lebaran dan seterusnya akan digunakan untuk angkutan penumpang yang akan bepergian baik dengan tujuan Surabaya maupun Jakarta. 

Menginap di jalur simpan Stasiun Manggarai       

Logo yang melambangkan moda transportasi yang ramah lingkungan

         Dengan puasnya Railfans pun mulai memisahkan diri untuk pulang kerumahnya masing-masing. Keceriaan tampak disetiap wajah mereka, karena sudah mengantongi foto demi foto yang mereka potret di memori kamera mereka. Mengharap, sudah pasti. Suatu saat mereka ingin sekali mencoba KA Argo Bromo Anggrek Go Green ini karena ingin merasakan kenyamananya selama diperjalanan hingga sampai di tempat tujuan.

8 comments:

  1. bro...klw macem edan sepur...ngapain aja sii bro? koq ane liyat,,,railfans edan sepur kegiatannya foto-foto kereta aja yaa? apa cuma itu kegiatan mereka menjadi EDAN SEPUR Railfans sejati???
    seharusnya, pecinta kereta api hrus memahami perkereta apian, maupun sikonnya.
    contoh, adain kegiatan bersih-bersih stasiun...yang kotor, dan memberi slogan, cintai stasiun anda, dan kereta api, agar perjalanan anda menjadi nyaman.
    jangan pecinta kereta api, tapi cuma foto-fotoin kereta aja...
    adain kegiatan juga, tapi jangan yg merugikan kereta api kita.
    gitu aja bro...
    ane mewakili pegawai dari pada PT. Kereta Api Indonesia.
    kami bangga punya Railfans sejati, seperti bro-bro semua.
    cuma, hargai apa yang kami lakukan, untuk masa kedepan. dan bro semua adalah prioritas kami.
    Salam KAI :)

    ReplyDelete
  2. Orang Bingung:

    Terima kasih atas komentar yang diberikan ...

    Begini mas ya, EDAN SEPUR sebetulnya sudah semaksimal mungkin untuk bahkan mau membantu perkeretaapian Indonesia. Salah satunya setiap ada kegiatan yang dilakukan kereta api, EDAN SEPUR tersebut selalu ikut berpartisipasi. Salah satu contoh tugas positif yang dilakukan, ikut membantu korban bencana gunung merapi. Mas ingat kah, sempat diadakannya kereta khusus korban merapi. Disana para pecinta kereta api turut membantu. Cuma tidak diekspos, entah karena apa. Jadi mohon jangan bernaggapan bahwa komunitas pecinta kereta api tak hanya menyukai kegiatan foto-foto kereta api saja, tapi juga kita membantu sepenuhnya apa yang dibutuhkan oleh PT. KAI. Coba mas terjun kelapangan, temu muka dengan "sesepuh" pecinta kereta api yang sudah mengerti keadaan sejak dulu.

    Maaf ya mas. Untuk merugikan kereta api, tak ada dalam KAMUS PECITA KERETA API. Kalau PT. KAI merasa dirugikan, kenapa kami-kami sebagai pecinta kereta api, disambut hangat oleh DIRUUT, HUMAS dan lain sebagainya dengan kegiatan kita. Satu contoh yang sangat simpel, kita sangat mecintai fotografi kereta api. Banyak kok petugas-2 KA senang dengan hasil karya mereka mengenai fotografi kereta api, bahkan sempat pernah dilombakan oleh PT. KAI itu sendiri. Bukankah itu sudah hal yang positif?

    Sebenernya mau saya jelaskan panjang lebar lagi, tapi cobalah Mas melihat kegiatan kita tak hanya sebelah mata, tapi AYO, kita gabung untuk melihat kegiatan apa yang dilakukan temen-2 kita untuk memPOSITIFkan kereta api.

    Terima kasih atas komentarnya :)

    SALAM KERETA API INDONESIA :)

    ReplyDelete
  3. Menurut saya, interiornya lebih bagus Gajayana. (Menurut saya mas Sendy...)

    ReplyDelete
  4. Arvendo Mahardika.


    Hehehe, saya sih lebih seneng Interiornya KA Argo Lawu Tambahan (Seperti di foto profil Blog saya).

    Kalo Argo Bromo Go Green, belum 100 persen rapi. Namanya juga sedang test run, Belum test interior dan se isi-isinya.

    ReplyDelete
  5. Ude kaga sabar pengen cobain nih KA

    ReplyDelete
  6. Orang Bingung :
    lah masak pegawai PT.KAI gak tau keberadaan Railfans??kalo saya setiap hunting kereta kadang2 masinis selalu menyapa masinis

    ReplyDelete
  7. permisi numpang bersuara mas bro dan mbak bro ,, saya sudah pernah merasakan naik kereta jarak jauh mulai dari ka ekonomi , bisnis , smpai dgn eksekutif , dari kelas satwa smpai argo ,, namun itu semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya , dan menurut pendapat saya , utk ka argo bromo anggrek "go green" ini kualitasnya malah kalah dari ka eksekutif satwa gajayana (interior dan eksterior nya seperti pesawat dgn jendela kecil-kecil) , baik dari segi pelayanan dan kenyamanannya. padahal ka argo anggrek "go green" ini menjadi pelopor ka kelas eksekutif argo yang terkesan paling mewah dikelasnya.

    salam

    Frian , railfans daop 6 yk
    pin bb : 2ab16a5f
    no hp : 081915503013

    ReplyDelete

SEMUA FOTO-FOTO KERETA API, BISA DILIHAT DI WEBSITE FLICKR BERIKUT INI

Kedatangan Argo Bromo Anggrek Go Green Gemparkan RAILFANS Jawa dan Sumatera

Selasa (19/07) 2011 mulai pukul 9 pagi, saya membuka Internet situs Jaringan Sosial atau akrab dikenal dengan Facebook. Seluruh Facebook yang menamakan dirinya Railfans, memberi informasi tentang keberadaan Kereta Api yang selesai di perbaiki dari Industru Kereta Api (INKA) Madiun. Mereka satu sama lain memberikan informasi melalui statusnya masing-masing hanya untuk memberitahukan keberadaan atau posisi dari Kereta Api tersebut. Kereta api yang mereka maksud ialah Kereta Api Eksekutif Argo Bromo Anggrek "Go Green". Kata "Go Green" yang saya petik dari situs resmi PT. KAI melambangkan bahwa moda transportasi kereta api adalah moda yang ramah lingkungan. Serta memiliki keunggulan dalam irit menggunakan bahan bakas migas (BBM). Dari perlambangan ini juga, menunjukkan bukti sebuah komitmen dari PT. KAI yang akan terus berusaha menjaga kelestarian lingkungan alam demi kebaikan bersama.
Sore nanti para pecinta kereta api khususnya yang berdomisili di Jabodetabek siap menyambut kedatangan KA yang terkenal baru dan keren ini dengan cara mengabadikan lewat foto-foto mereka. Tak tanggung-tanggung ada beberapa Railfans yang masih berstatus pelajar, sepulang sekolah tidak langsung pulang kerumah melainkan pergi ke Stasiun Manggarai, Gambir, Jatinegara bahkan Bekasi hanya untuk mendapatkan moment si Ular Besi bertubuh hijau ini melintas.

KA Argo Bromo Anggrek Go Green ini rencana akan digunakan untuk mengganti rangkaian Argo Bromo Anggrek tipe lama agar keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh masyarakat pengguna setia kereta api lintas Jakarta (Gambir) hingga ke Surabaya, pp.